Sabtu, 16 September 2017 0:16

Revitalisasi Pasar Cimindi Dilanjutkan, Biayanya?

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
(Diskoperind) Kota Cimahi, M. Sutarno
(Diskoperind) Kota Cimahi, M. Sutarno [limawaktu doc]

Cimahi - Setelah delapan bulan mangkrak, Pemerintah Kota Cimahi akhirnya akan memulai revitalisasi lanjutan Pasar Tradisional Cimindi.

Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 811 juta untuk penggantian atap pasar. Pengerjaan sebelumnya, revitalisasi pasar yang terletak di Jln. Mahar Martanegara tersebut baru mencapai 30%, dengan menghabiskan anggaran Rp 800 juta.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Diskoperind) Kota Cimahi, M. Sutarno mengatakan, revitalisasi dilakukan agar pasar terlihat nyaman baik bagi pedagang maupun konsumen. "Perlu ada perubahan desain supaya masyarakat dan pedagang nyaman dalam bertransaksi. Jangan kalah dengan pelayanan pasar modern" ujarnya, Jum'at (15/9/2017).

Dia menjelaskan, proses revitalisasi lanjutan Pasar Cimindi meliputi pembangunan balok penopang, termasuk dengan perbaikan atap. "Kontrak kerja berlangsung 90 hari kerja, kami harapkan pengerjaan bisa dituntaskan lebih cepat. Akan dikerjakan dalam waktu dekat," ujar Sutarno.

Untuk anggaran keseluruhan hingga tuntas, lanjut Sutarno, pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp 2,5 miliar. "Termasuk membangun sarana prasarana pendukung, perbaikan saluran drainase. Mudah-mudahan nanti ada di anggaran perubahan untuk menuntaskannya," katanya.

Menanggapi hal itu, pedagang olahan baso, Saefudin Juhri (40), mengatakan, pedagang ingin gar kontraktor menyelesaikan pekerjaan sesuai target dan spesifikasi.

"Mudah-mudahan jangan sampai meleset lagi," ungkapnya.

Dia tak keberatan bakal libur berdagang saat pengerjaan dilakukan. "Secara pribadi saya enggak masalah. Orang kalau belanja melihat tampilan, kalau disini jelek larinya ke tempat yang bersih dan bagus. Ahamdulillah pemerintah masih memperhatikan." ujarnya.(kit)