Senin, 29 Januari 2018 14:12

Puluhan Koperasi di Cimahi akan Dibubarkan

Reporter : Fery Bangkit 
Rina Mulyani, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Kota Cimahi.
Rina Mulyani, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sepanjang tahun 2017, Pemerintah Kota cimahi telah mendata ulang 100 koperasi, dari total 420 koperasi se-Kota Cimahi.

Dari 100 yang terdata, 80 koperasi sudah diajukan ke Kementrian Koperasi Republik Indonesia untuk dibubarkan. Sementara 20 koperasi lagi akan dilakukan pembinaan.

Kepala Bidang Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Cimahi Rina Mulyani menjelaskan, pengajuan pembubaran dilakukan lantaran ke-80 koperasi tersebut tidak melakukan aktifitas. Selain itu, mereka tidak menyampaikan Rapat Anggota Tahunan (RAT).
"80 koperasi itu udah gak bisa diselamatkan, makanya diajukan pembubaran," kata Rina, Senin (29/1/2018).

Sementara 20 koperasi yang masih bisa diselamatkan akan diberikan pendampingan. Pendampingan akan dilakukan bersama Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kota Cimahi.

Minimal, selama pendampingan, kata Rina, pihaknya akan berkunjung ke koperasi untuk pendampingan. Perihal materi, akan disesuaikan dengan kebutuhan koperasi.
"Pembinaan tergantung koperasi butuhnya apa. Misal, butuh pengembangan usaha, cara pembukuan atau keanggotaan. Kita dampingi," pungkasnya.

Sementara untuk tahun ini, lanjut Rina, pihaknya akan melanjutkan pendataan bagi 320 koperasi tersisa. Targetnya, mimimal 100 koperasi terdata detail.
"Target 100 koperasi tedata. Soalnya kita lihat SDM (Sumber Daya Manusia)," tandasnya.

Baca Lainnya