Rabu, 24 Maret 2021 17:53

PT. Indomarco Primatama Dukung Pengembangan UMKM Kota Cimahi

Reporter : Bubun Munawar
Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana menghadiri Pelatihan UMKM di BITC
Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana menghadiri Pelatihan UMKM di BITC [humas]

Limawaktu.id,- Direktur PT. Indomarco Prismatama Bandung Raya, Dedi Yusup Apriadi mengatakan, dalam mendukung pengembangan UMKM khususnya diwilayah kota Cimahi pihaknya melakukan pelatihan sebagai  wujud tanggung jawab PT. Indomarco Prismatama sebagai pengelola retail Indomaret untuk membantu mensukseskan program pemerintah dalam meningkatkan daya saing UMKM dalam menghadapi pasar global.

“Selain itu, kami ingin bersinergi bersama masyarakat pelaku UMKM untuk terus maju meningkatkan bisnisnya bersama Indomaret dengan melakukan strategi yang tepat. Untuk itu, sebagai bentuk kontribusi dan tanggung jawab kami sebagai pelaku Usaha di Kota Cimahi, kami melakukan pelatihan ini agar setiap Pelaku UMKM binaan Pemerintah Kota Cimahi dapat meningkatkan bisnisnya bersama Indomaret menghadapi pasar global,” terangnya, Rabu (24/3/2021).

Dikatakannya, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Indomaret yang berupa pelatihan UMKM ini sebelumnya sudah dilakukan di berbagai kota di seluruh wilayah Indonesia. Adapun pada pelatihan di Kota Cimahi, pihak Indomaret juga menyerahkan bantuan timbangan digital sebanyak 75 unit untuk semua peserta dimana masing masing peserta akan mendapatkan 1 unit timbangan sebagai sarana dalam mengembangkan bisnis. Disamping itu, pihaknya juga mengundi 2 unit gerobak sebagai Doorprize yang kita harapkan bisa menjadi sarana untuk pelaku UMKM dalam pengembangan bisnisnya.

“Terimakasih untuk seluruh jajaran Pemerintah Kota Cimahi atas dukungannya sehingga kerjasama terkait kegiatan ini dapat dilakukan di wilayah Kota Cimahi. Terimakasih kami ucapkan juga untuk PT. Agel Langgeng yang sudah memberikan semua kontribusi yang baik sehingga acara hari ini dapat berjalan dengan Sukses dan Lancar,” ujarnya.

Sementara Plt Wali Kota Cimahi Ngatiayana mengatakan, kebangkitan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus menjadi target prioritas dan ukuran kunci sukses bagi perekonomian sebuah daerah, yang nantinya dapat berimbas pada perekonomian nasional.

“Strategi UMKM Bertahan Dimasa Pandemi Covid-19”, pada Selasa (23/03/2021) di Aula Gedung BITC, Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 75 orang pelaku UMKM binaan Dinas Perdagangan, Koperasi-UKM, dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi, dengan menggandeng PT. Indomarco Prismatama Bandung sebagai mitra pelaksana,” katanya.

 Menurut dia,  sebagai salah satu pilar penting sektor ekonomi dan penggerak ekonomi kerakyatan, UMKM perlu diberikan perhatian terutama saat terjadinya pelemahan ekonomi dimasa pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19.  Pengalaman masa lalu membuktikan bahwa UMKM menjadi penyelamat Indonesia pada masa krisis moneter tahun 1998 dan itu perlu menjadi perhatian bersama. Oleh karenanya, pemerintah dan pihak swasta harus merangkul para pelaku UMKM dan mengambil langkah konkrit untuk menyelamatkan keberlangsungan usahanya.

Atas dasar itu, Pemkot Cimahi memberikan apreasi atas kepedulian dan kolaborasi dari pihak swasta, yang dalam hal ini salah satunya PT. Indomarco Prismatama Bandung yang menjadi mitra dalam penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan mandiri ini.

“Pelatihan ini atas kontribusi dan kerjasama dari Indomaret atau Indomarco Prismatama dari Bandung yang berkeinginan untuk memajukan UMNKM yang ada di Kota Cimahi. Ini impian saya mungkin setahun atau dua tahun yang lalu, bahwa UMKM sebisanya ditempelkan ke Indomaret sehingga mereka ini bisa memasarkan produknya melalui indomaret dan ada slot-slot, tempat atau kios yang dimana produk-produk mereka bisa dipajangkan di Indomaret,” pungkasnya.

Baca Lainnya