Minggu, 2 September 2018 15:43

PT Amarta Karya Garap Pasar Mangkrak di Cimahi, Nilainya Capai Rp 51 Miliar Lebih

Reporter : Fery Bangkit 
Progress Pembangunan Pasar Atas Barokah (PAB).
Progress Pembangunan Pasar Atas Barokah (PAB). [Fery Bangkit / Limawaktu]

Limawaktu.id - Setelah mangkrak hampir dua tahun, akhirnya Pemerintah Kota Cimahi melanjutkan pembangunan tahap II Pasar Atas Barokah (PAB). Tercatat hingga kini progresnya mencapai 0,4%.

Pembangunan lanjutan sendiri digarap PT Amarta Karya dengan nilai tawar sekitar Rp 51.810.385.000, dari nilai pagu awal Rp57.734.024.762. Dana yang digunakan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Cimahi, Adet Chandra Purnama membeberkan, sesuai kontrak dengan pemenang lelang, pembangunan PAB tahap II ini akan berlangsung sampai 22 Desember 2018.

"Memang waktunya mepet. Kami tawarkan itu lima bulan setengah. Sampai 22 Desember," terang Adet saat dihubungi via sambungan telepon, Minggu (2/8/2018).

Jika melihat progres sejauh ini, kata Adet pihaknya optimis PAB bisa selesai sesuai durasi kontrak. Bahkan, pihaknya menargetkan pada akhir September mendatang, progres pembangunan sudah mencapai 40%.

"Pertengahan September atau akhir September 30-40 persen tercapai dengan kondisi plus 10 persen," beber Adet.

Jika target tidak melenceng atau akhir tahun selesai, kemungkinan awal tahun 2019 serah terima pasar bisa dilangsungkan. Kemudian, Februari pedagang bisa menempati pasar baru.

Untuk mengakomidir semua pedagang, total kios yang disediakan mencapai 500 los. Dengan jumlah 423 pedagang bekas kebakaran beberapa tahun lalu, pihaknya berharap sisa kios yang ada bisa dimanfaatkan Pedagang Kaki Lima (PKL).

"Lantai satu 500, pedagang eks kebakaran 423 sisanya bisa dorong PKL, jangan sampai ada PKL di sisi jalan," tandasnya.

Baca Lainnya