Rabu, 6 Desember 2017 9:45

Produksi Susu Perah di Cimahi Meningkat 200%

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
Produk sabun susu yang diolah peternak di Cipageran
Produk sabun susu yang diolah peternak di Cipageran [limawaktu]

Limawaktu.id, - Jumlah produksi hasil susu perah di Kota Cimahi, Jawa Barat diklaim meningkat drastis hingga 200% sejak lima tahun terakhir.

Jumlah produksi tersebut dihasilkan dari sekitar 300 ekor sapi, yang dikelola 95 peternak. Mayoritas berada di Kelurahan Cipageran, Kecmatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

"Dulu itu produksi susu paling 6 (liter) per ekornya. Sekarang bisa sampai 15 liter per hari dari satu ekor sapi," terang Mita Mustikasari, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pangan dan Pertanian Rabu (6/12/2017).

Dikatakanya, peningkatan produk susu sapi perah di Kota Cimahi disebabkan semakin meningkatnya kesadaran para peternak dalam memelihara sapi-sapi mereka.

Ke depan, kata dia, pihaknya, bekerja sama dengan para peternak akan berusaha agar produk susu di Cimahi semakin meningkat dan berkualitas.

"Salah satunya dengan menanam tanaman indogopera," kata Mita.

Meningkatnya produksi susu sapi perah pun dirasakan langsung Tarmilah (55) tahun, salah satu peternak dan pengrajin produk berbahan susu perah di Cipageran.

Dulu, kata dia, hasil susu perah yang ia hasilkan hanya mampu untuk memproduksi sekitar 200 produk sabun berbahan dasar susu per bulannya.

"Kalau sekarang, produksi perbulannya bisa sampai 1.500 sabun susu," ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, ia kerap menerima pesanan sabun susu dari Jepang.

"Sekarang minimal pesanan 2.000 ke Jepang per bulannya," tutur Tarmilah.

Secara otomatis, beber dia, hal tersebut berpengaruh terhadap pendapatan yang diraih per bulannya. "Sekarang allhamdulilah bisa dapat sampai Rp 2 juta per bulannya, tadinya cuma Rp 500 ribu," bebernya. (kit)