Kamis, 3 Mei 2018 21:23

Produk Batik Cimahi Menuju Pasar Internasional

Reporter : Fery Bangkit 
Puri Batik Sekar Putri.
Puri Batik Sekar Putri. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Potensi produk Batik asal Cimahi dianggap berkualitas. Buktinya, produk dari salah satu geray Cimahi, yakni Puri Batik Sekar Putri, Jln. Permana telah dilirik Kementrian Koperasi dan UMKM RI.

Hal itu diungkapkan owner Puri Batik Sekar Putri, Rienny Y Hadisoebana usai launching Puri Batik Sekar Putri, Jln. Permana, Kamis (3/5/2018).

"Iya potensi batik Cimahi sudah bagus. Dulu Pak Menteri Koperasi UMKM pernah ke sini," akatnya.

Selain sudah dikunjungi Kemenkop RI, kini menurutnya batik Cimahi sudah mulai merambah pasar internasional. Termasuk produk batik miliknya.

"Kita baru akan merilis pasar ekspor. Kalau di Indonesia sudah banyak daerah yang beli," terangnya.

Bahkan, kata dia, batik asal Cimahi kini sudah dianggap mahal. Alasannya, memang produknya berkualitas dan memiliki motif yang cukup unik.

Ia mencontohkan, batik yang diproduksi di geray miliknya sendiri mayoritas terinspirasi dari wilayah-wilayah di Kota Cimahi. Misalnya, batik berlatar daerah Cihanjuang.

"Kita bikin batik bukan hanya sekedar batik untuk dijual, tapi memperhatikan kualitas," katanya.

Sementara Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi, Adet Chandra Purnama, menegaskan jika pihaknya memanfaatkan gerai yang ada di Gedung Cimahi Technopark sebagai salah satu media sosialisasi dan memamerkan produk batik Cimahi.

"Kalau saya sendiri tetap fokus memanfaatkan keberadaan Cimahi Technopark sebagai media promosi produk UMKM, dalam hal ini batik. Selain itu, komunitas dan UMKM itu harus bersinergi, jalan berjalan sendiri-sendiri agar lebih terasa manfaatnya," ucapnya.

 

Baca Lainnya