Rabu, 25 Juli 2018 12:32

Peran Sentral Perempuan dalam Perekonomian Keluarga

Reporter : Fery Bangkit 
Rapat Koordinasi Bidang Pemberdayaan Perempuan Tingkat Kota Cimahi Tahun 2018 di Aula Gedung B Pemerintah Kota Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu (25/7/2018).
Rapat Koordinasi Bidang Pemberdayaan Perempuan Tingkat Kota Cimahi Tahun 2018 di Aula Gedung B Pemerintah Kota Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu (25/7/2018). [limawaktu]

Limawaktu.id, - Kepala Bagian Kesejahtraan Rakyat Setda Kota Cimahi, Mardi Santoso menilai, peran perempuan sangat sentral dalam membantu perekonomian keluarga.

Hal itu disampaikannya usai membuka Rapat Koordinasi Bidang Pemberdayaan Perempuan Tingkat Kota Cimahi Tahun 2018 di Aula Gedung B Pemerintah Kota Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Rabu (25/7/2018).

"Peran perempuan itu sangat besar dalam perekonomian keluarga. Makannya, perempuan harus terus diberdayakan. Misalnya dengan pelatihan," kata Mardi.

Dalam rapat tersebut, hadir perwakilan perempuan dari setiap kelurahan, kecamatan, unsur PKK dan organisasi wanita se-Kota Cimahi.

Dikatakan Mardi, peran besar perempuan dalam perekonomian keluarga bisa terlihat dari pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) yang didominasi oleh kaum perempuan.

"Rata-rata pelaku UMKM itu perempuan. Contohnya, pelaku usaha fasion itu kan kebanyakan perempuan," ujar Mardi.

Selain itu, menurut Mardi, di Kota Cimahi ini, ada sekitar 200 kaum perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga.

Untuk lebih meningkatkan peran perempuan, lanjut Mardi, pembinaan hingga pelatihan sangat penting untuk dilakukan. Khususnya bagi perempuan yang memang menjadi tulang punggung keluarga.

"Bagaimana kaum perempuan itu, terutama pelaku usaha kecil bisa lebih dikembangkan," tuturnya.

Dengan berbagai kemudahan fasilitas di Kota Cimahi, kata Mardi, dirinya mendorong agar kaum perempuan untuk mengikuti berbagai pelatihan dan lebih mengembangkan usahanya dibidang masing-masing.

"Mereka diharapkan memanfaatkan itu. Pelatihan, kemudahan pelayana, perizinan, mereka bisa memanfaatkannya," pungkasnya.

Baca Lainnya