Jumat, 5 Maret 2021 10:19

Pemprov Jabar Salurkan Bansos 450 Unit Rutilahu di Cimahi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pemukiman dan Perumahan (DIskimrum) memberikan bantuan sosial Pemulihan Ekonomi Nasional dalam bentuk perbaikan Rumah Tidak layak Huni (rutilahu) sebanyak 450 unit yang tersebar di 15 Kelurahan se Kota Cimahi.

 Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Jawa Barat Boy Iman Nugraha, usai menjadi narasumber di Forum Perangkat Daerah Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi di Gedung  Cimahi Technopark  Jalan Baros Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.

 Menurut Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat Boy Iman Nugraha, pihaknya memberikan bansos berupa perbaikan Rutilahu sebanyak 450 unit di 15 Kelurahan yang ada di Kota Cimahi. Setiap kelurahan akan mendapatkan alokasi 30 unit perbaikan rutilahu bagi warga Kota Cimahi.

 “Bansos ini berasal dari anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional yang diterima Pemrpov Jawa Barat yang pelaksanaannya dilakukan di kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat,” terangnya, Kamis (4/3/2021).

 Dikatakannya,   Jika dihitung dengan rupiah maka total bantuan yang digelontorkan di Kota Cimahi sebesar Rp. 7 Milliar lebih untuk membantu warga yang kurang mampu dalam memperbaiki rumahnya. Bantuan Sosial Pemulihan Ekonomi Nasional ini merupakan bagian dari perbaikan 31.500 unit rutilahu di Jawa Barat.

 “Sejak Januari ini dilakukan verifikasi terkait perbaikan rutilahu, sehingga pada April mendatang bisa dilakukan pembangunan fisiknya, “ katanya.

 Boy menyebut, nilai bansos yang disalurkan kepada penerima manfaat sebesar Rp. 17,5 juta yang alokasinya masing-masing-masing untuk pembelian material senilai Rp. 16,5 juta, Rp. 700 ribu untuk biaya tukang dan Rp. 300 ribu untuk biaya administrasi bagi LPM ataupun BKM.

  

Baca Lainnya

Topik Populer