Jumat, 21 Mei 2021 11:28

Pemkot Bandung Pacu Kreativitas UMKM

Reporter : Wawan Gunawan
Wali Kota Bandung Oded M Danial memperlihatkan hasil produksi UMKM, Jum;at (21/5/2021)
Wali Kota Bandung Oded M Danial memperlihatkan hasil produksi UMKM, Jum;at (21/5/2021) [humas]

Limawaktu.id,- Keberadaan Usaha Mikro  Kecil dan  Menengah (UMKM) di Kota Bandung terus dipacu kreativitasnya untuk mampu menghasilkan produk yang layak dipasarkan.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengungkapkan, tahun tahun sebelumnya UMKM baru sebatas akses upgrade pengetahuan tentang kewirausahaannya saja. Mulai sekarang UMKM sudah bisa memajang produknya di tenant-tenant yang ramai pengunjungnya.

“UMKM sekarang bahkan sudah bisa menjadi vendor untuk pengadaan merchaht bagi dinas-dinas Pemkot Bandung,” ungkap Oded, Jum’at (21/5/2021)

Pemkot Bandung menantang para UMKM untuk memanfaatkan merchaht di dinas-dinas Kota Bandung untuk meningkatkan lagi kreativitasnya, sehingga lebih terpacu lagi untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing.

“ Semoga langkah-langkah diatas menjadi pemicu agar para pejuang tangguh UMKM terpacu,” jelas Oded.

Hal yang sama disampaikan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Menurutnya,  Pemkot Bandung  terus mendorong para pelaku UMKM di Kota Bandung melalui Dinas terkait untuk memanfaatkan pemasaran secara online dengan marketplace. Termasuk membuat kegiatan pasar kreatif dan pameran online.

"Kita bantu soal packaging di teman-teman kuliner. Kita bantu sertifikat halalnya, uji mutu, termasuk nutrition pack, dan kadaluarsanya. Sehingga produk kuliner di Kota Bandung ini bisa disambungkan ke pembeli. Bahkan sampai ke luar negeri, ternyata responnya baik," ungkapnya, beberapa waktu lalu.

"Karena mungkin di tengah pandemi, orang cenderung diam di rumah dan butuh ngemil. Produk-produk makanan ringan produksi UMKM Kota Bandung bisa diterima oleh pasar, tidak hanya lokal, regional, bahkan internasional," imbuhnya.

Selain itu, Pemkot Bandung juga terus membina dan melatih pelaku UMKM. Upayanya dengan mendorong dan datang langsung ke lokasi. Sehingga Pemkot Bandung mengetahui secara langsung kendala yang dihadapi.

"Jadi prinsipnya Pemerintah terus mendorong kreativitasnya. Inovasinya justru timbul dari teman-teman UMKM. Seperti ada produk makanan dry food dari mangga gedong. Saya pikir itu jenis makanan yang belum ada di daerah lain," ungkapnya.

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer