Minggu, 27 Agustus 2017 10:52

Pakuan Djati Batik Tampilkan Motif Unggulan di Jabar Ngagaya 2017

MOTIF BATIK “SAYANGANJAGAT MEKAR”.
Motif Batik “SAYANGAN JAGAT MEKAR”. [Limawaktu Photo]

Batik Jawa Barat memang sudah semakin meraja di pangsa pasar nasional dan internasional. Tidak heran jika saat ini banyak bermunculan pengusaha dan pengrajin batik khas, salah satunya di Bandung Barat. Pakuan Djati Batik, dibawah binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab. Bandung Barat, menindaklanjuti program pelatihan dan pembinaan pengrajin batik, melahirkan produk motif unggulan yang dapat dijadikan khasanah baru dalam ragam corak batik Jawa Barat, yang berciri khas pada filosofi yang kuat.

Mengawali kiprahnya di dunia pengrajin batik khas, Pakuan Djati Batik memunculkan motif-motif unggulan, yang diantaranya akan ditampilkan di ajang JABAR NGAGAYA 2017, yang akan digelar di Gedung Sate, Bandung, 28-29 September mendatang. Keterlibatan Pakuan Djati Batik ini merupakan amanah dari Disperindag KBB untuk memberikan warna berbeda dan potensial agar memiliki hasil positif dan berkelanjutan.

Salah satu motif unggulan hasil karya Pakuan Djati Batik adalah “Sayangan Jagat Mekar”, yang mengkolaborasikan antara motif kontemporer dan pakeman batik tradisional, yang berbentuk sarang lebah madu (sayangan), dengan pecahan motif dan bentuk ragam bunga dan bentuk batik lawas yang tersimpan didalam setiap bangun hexagonal. Dengan aplikasi warna biru langit gradasi dan putih, yang mengartikan bahwa Bandung Barat adalah wadah pengembangan berbagai macam potensi dan karya yang memiliki peluang dan potensi mendunia, sehingga tercapailah kesejahteraan masyarakatnya.