Rabu, 29 November 2017 14:36

Nih... Cobain Snack Berbahan Dasar Singkong Asli Cireundeu

Reporter : Fery Bangkit 
Snack asli Cireundeu.
Snack asli Cireundeu. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Kehadiran mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Bandung Raya tahun 2010 lalu ternyata membawa angin segar bagi warga Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Pasalnya, bermula dari perkawanan dengan para mahasiswa, warga mampu mengembangkan sejumlah produk Usaha Mikro Kecil (UKM). Di antaranya makanan egroll, lidah kucing, pastel, seroja dan lain-lain.

"Semua bahannya dari Singkong," ucap Neneng Suminar (36), salah seorang warga Kampung Adat Cireundeu, saat ditemui di Technopark Cimahi, Jalan Raya Baros, Rabu (29/11/2017).

Sejak Cireundeu berdiri dan diakui keberadaannya, singkong menjadi menu makanan wajib bagi warga Cireundeu.

Seiring berjalannya, kelompok warga di sana terus mengembangkan produk-produk makanan berbahan dasar singkong. Karena ketagihan, akhirnya warga terus berinovasi membuat berbagai macam produk produk. Hingga kini, sudah ada sekitar 10 jenis makanan yang berbahan dasar singkong.

Bila dilihat secara kasat mata, penyajian dari bentuk kue dan kemasannya nampak cukup menarik. Serasa membuat ingin mencicipinya.

"Pertama kali mah bikin egroll," katanya.

Sejauh ini, para penikmat yang mencoba gurihnya produk UKM asli Cireundeu ialah para wisatawan yang berkunjung ke Kampung Adat Cireundeu.

"Belum dipasarkan keluar," ujar Neneng. (kit)*

Baca Lainnya