Senin, 12 April 2021 14:50

“Mapag Ramadhan” Kembali Hadir di Tengah Pandemi

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Suasana kegiatan tahunan Mapag Ramadhan yang dilaksanakan di RW 13 Kel. Setiamanah, Kec, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Sabtu (10/4/2021).
Suasana kegiatan tahunan Mapag Ramadhan yang dilaksanakan di RW 13 Kel. Setiamanah, Kec, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Sabtu (10/4/2021). [istimewa]

Limawaktu.id - Menjelang bulan Ramadhan tahun ini, pandemi COVID-19 masih belum mereda. Namun itu tidak menjadi halangan bagi warga Rukun Warga (RW) 13 Kelurahan Setiamanah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi untuk tetap melaksanakan Mapag Ramadhan, kegiatan berbagi meringankan beban sesama yang sudah rutin dilakukan selama 6 tahun berturut-turut. Sebelumnya, kegiatan ini juga dilakukan di awal masa pandemi pada 2020 lalu.

Tahun ini, “Mapag Ramadhan” kembali membagikan Sembako dan uang tunai kepada warga yang membutuhkan. Sebanyak 80 kepala keluarga (KK) mendapatkan jatah masing-masing 5 kg beras, daging ayam ½ kg dan mi instan. Sementara itu anak-anak yatim mendapatkan sembako dan uang tunai sebesar Rp 100 ribu per orang.

Ketua RW 13 Kelurahan Setiamanah Joko Radi mengatakan, tahun ini para donatur dan mantan karang taruna masih aktif memberikan sumbangan. “Pembagian sembako ini sekarang Alhamdulillah semakin meningkat,” katanya dalam kegiatan Mapag Ramadhan, Sabtu (10/4/2021).

Dijelaskannya, Mapag Ramadhan ini merupakan salah satu program unggulan RW 13 Kelurahan Setiamanah. Program lainnya yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah Likur Ramadhan pada 8 Mei mendatang. Dalam kegiatan tersebut, mereka akan membagikan sembako dan kuota internet untuk mereka yang masih bersekolah.

Tidak hanya Mapag Ramadhan dan Likur Ramadhan, RW 13 Kelurahan Setiamanah masih memiliki program-program sosial lainnya, antara lain pembagian alat tulis gratis untuk anak sekolah, gratis biaya pemakaman untuk ekonomi lemah dan subsidi Rp 500 ribu untuk golongan non-ekonomi lemah, gratis pendaftaran awal BPJS Kelas 3, subsidi beras dan uang lauk-pauk untuk golongan ekonomi lemah yang dirawat dan mendapat program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), dan pembagian santunan untuk anak yatim piatu.

Baca Lainnya

Topik Populer