Kamis, 29 Maret 2018 13:50

Lewat Tanam Padi Serempak, Ajay Ajak Petani Tanam Padi Inpari 32

Reporter : Fery Bangkit 
Gerakan Tanam Padi Serentak Kota Cimahi tahun 2018 dilaksanakan di lahan sawah Kampung Ciseupan RT 04/07 Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.
Gerakan Tanam Padi Serentak Kota Cimahi tahun 2018 dilaksanakan di lahan sawah Kampung Ciseupan RT 04/07 Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Gerakan Tanam Padi Serentak Kota Cimahi tahun 2018 dilaksanakan di lahan sawah Kampung Ciseupan RT 04/07 Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.

Gerakan tanam padi itu diinisiasi oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, unsur TNI dan Polri. Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna serta Dandim 0609/Kab Bandung Letkol. Arh Andre Wira Kurniawan.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna mengajak seluruh petani untuk menanam benih padi jenis Inpari 32.

"Hari ini kita menanam dengan varietas yang Baru yang dinamakan inpari 32 yang sudah dibuktikan memang hasilnya baik," kata Ajay.

Menurutnya, bibit padi jenis inpari 32 ini dapat meningkatkan hasil panen petani hingga 8 ton padi kering per hektare, dari sebelumnya yang hanya mencapai 6 ton per hektare.

Meski demikian, memang produksi padi di Kota Cimahi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan di bagi sekitar 500.000 lebih masyarakat Cimahi.

Pasalnya, lahan sawah di Cimahi sangat minim. Tercatat hanya ada 137,14 hektare lahan sawah yang dimiliki. Dari lahan 137,14 hektare itu, hanya mampu untuk memenuhi sekitar 3,43% kebutuhan warga Cimahi.

Sementara kebutuhan pangan padi di Kota Cimahi jika merujuk pada jumlah penduduk, per harinya membutuhkan beras sekitar 172 ton. Dengan begitu, otomatis untuk memenuhi kebutuhan, Cimahi harus bergantung kepada tetangga.

"Sisanya dari pasar bebas," ucap Ajay.

Sementara itu, Dandim 0609/Kab. Bandung, Letkol Arh. Andre Wira Kurniawan menyatakan siap membantu Pemerintah Kota Cimahi untuk mewujudkan ketahanan pangan di Cimahi.

"Kami siap membantu, dari mulai menyiapkan bibit, mendistribusikan pupuk, alat pertanian," katanya.

Selain itu, pihaknya juga siap membantu untuk memanen hasil pertanian, hingga mendistribusikan hasil panen ke Bulog.

Baca Lainnya