Senin, 1 Oktober 2018 12:53

Lewat Penghargaan, bank bjb Buktikan Kinerja Baik

Reporter : Fery Bangkit 
Istimewa
Istimewa [Dok. bank bjb]

Limawaktu.id,- bank bjb berhasil memperlihatkan kinerja bisnis yang cemerlang hingga triwulan III tahun 2018. Berbagai catatan positif berhasil ditorehkan meski tahun 2018 belum tutup buku. Salah satu indikatornya dapat terlihat dari rendetan penghargaan yang berhasil menghiasi lemari prestasi hingga September 2018.

Penghargaan prestisius pertama di tahun 2018 diterima bank bjb dalam ajang Top BUMD Award 2018 pada bulan Mei lalu. Tidak tanggung-tanggung, bank bjb membawa pulang tiga penghargaan sekaligus untuk kategori Top BPD, Top BUMD dan Top CEO BUMD atas nama Direktur Utama Ahmad Irfan. 

Baca Juga : KPR bank bjb, Menjawab Kebutuhan Milenial yang Sulit Memiliki Rumah 

Sebelumnya, bank bjb juga meraih penghargaan serupa di tahun 2017. Adapun Top BUMD Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD yang dinilai berhasil meningkatkan kinerja finansial, pelayanan, serta memiliki kontribusi terhadap pengembangan bisnis daerah dan ekonomi secara nasional.

Baca Juga : Makna Hari Pelanggan Nasional Bagi bank bjb

Top BUMD Award diselenggarakan oleh Business News Indonesia bersama Asia Business Research Center yang turut didukung oleh Kementerian Dalam Negeri. Melibatkan sekitar 2.000 perusahaan daerah di seluruh Indonesia. 

"Penghargaan ini menunjukkan eksistensi dan kesiapan bank bjb untuk bersaing dengan perbankan nasional lainnya. Kini, bank bjb berada di peringkat ke 14 sebagai perbankan terbesar di Indonesia," ujar Senior Vice President Corporate Secretary Division bank bjb, Hakim Putratama.

Baca Juga : CSR bank bjb Menyentuh Pelosok Nusantara

Dalam kesempatan berbeda, Business News Indonesia kembali memberikan penghargaan kepada bank bjb melalui ajang Top Bank. Tidak hanya itu, Ahmad Irfan yang memimpin bank bjb sejak tahun 2014 juga didaulat sebagai Top CEO Bank. 

bank bjb dinilai memiliki kinerja keuangan, produk, layanan dan prospek bisnis yang baik. Fokus penilaian dihimpun berdasarkan kinerja masa lalu dan prospek bisnis ke depan. Dalam menentukan peraih penghargaan, Top Bank menggunakan tiga metode penilaian, yakni kinerja, kuesioner dan survei konsumen.

Bahkan dalam ajang Transaction Banking Award 2018 yang digelar oleh Infobank, bank bjb berhasil masuk ke dalam jajaran 28 perbankan dengan predikat terbaik. bank bjb tercatat menjadi salah satu bank dengan jumlah transaksi tertinggi dan proses aplikasi tercepat.

Berturut-turut bank bjb berhasil memborong dua penghargaan sekaligus dalam ajang Anugerah Perusahaan Terbuka Indonesia (APTI) 2018 sebagai BPD Terbaik di Indonesia untuk kategori Buku III dan bank dengan aset antara Rp50triliun hingga Rp100 triliun. Paling membanggakan, bank bjb meraih penghargaan platinum dengan penilaian very excellent dalam ajang Indonesia Finance Award (IFA) 2018. IFA sendiri memiliki kriteria ketat dalam menentukan peraih penghargaan. Beberapa hal yang dinilai diantaranya, pertumbuhan pendapatan, profitabilitas dan turnover dari 2016 hingga 2017.

Performa bank bjb di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode emiten BJBR juga terbilang cemerlang. Tidak heran jika bank bjb berhasil meraih penghargaan Indonesia Public Company Award 2018 dari Warta Ekonomi. Bahkan, bank bjb masuk dalam kategori Indonesia Excellent Public Company di bidang keuangan. 
Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan terbuka yang berhasil mempertahankan tingkat aktivitas perdagangan saham dengan baik dan ditunjang oleh kinerja fundamental. Berdasarkan evaluasi BEI pada Juli 2018, bank bjb tetap berada pada klasifikasi indeks LQ 45 untuk periode perdagangan Agustus 2018 hingga Januari 2019.

LQ 45 merupakan indeks di BEI yang diperoleh dari perhitungan 45 emiten dengan seleksi kriteria seperti penilaian atas likuiditas dengan mempertimbangkan kapitalisasi dari pasar. Catatan tersebut merupakan buah dari penerapan strategi sustainable banking yang berlangsung di internal perusahaan.

"Kami menerapkan strategi sustainable banking melalui kebijakan dan business process, sehingga setiap proses internal menjadi lebih efektif, efisien serta aman bagi kelangsungan bisnis jangka panjang. Kepiawaian bank bjb dalam melakukan manuver bisnis dengan menangkap peluang menjadi strategi yang berhasil membawa bank bjb tetap terbang tumbuh berkualitas," ujar Ahmad Irfan.

Geliat bank bjb di bursa saham juga mengantarkannya meraih penghargaan sebagai perusahaan publik terbaik nasional pada ajang Wealth Added Creator Award 2018 yang digelar oleh Majalah SWA dan Stern and Co. bank bjb berada pada peringkat enam di Indonesia The Best Public Companies based on Wealth Added Index untuk kategori industri bank. 

Raihan tersebut menunjukkan bahwa bank bjb berhasil tumbuh diatas rata-rata industri perbankan nasional. Adapun Wealth Added Creator Award telah digelar sebanyak 15 kali dan telah menjadi barometer perusahaan dalam menilai kinerja perusahaan publik terbaik di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Tidak berhenti, menutup bulan September, bank bjb berhasil menambah koleksi piagam setelah membawa pulang tiga penghargaan sekaligus dari Tempo Media melalui ajang Indonesia Banking Award 2018 yang diselenggarakan di Hotel JS Luwansa Jakarta pada Rabu (26/9/18).

Ketiga penghargaan tersebut diraih untuk kategori The Most Efficient Bank, The Most Reliable Bank dan The Best Bank in Retail Services. bank bjb dinilai memiliki kinerja keuangan dan efisiensi terbaik, konsisten dalam menghadapi moneter, memberikan layanan kepada badan usaha kecil.

Peraih penghargaan dipilih berdasarkan beberapa indikator, diantaranya hasil riset 106 bank konvensional dan 12 bank umum syariah, pertumbuhan jumlah tabungan, kredit UMKM dan rasio current account saving account (CASA).

"Penghargaan ini sangat berarti bagi kami. Ini merupakan trigger untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik demi memahami masyarakat Indonesia. Keberhasilan kinerja bank bjb adalah sebuah hasil dari kerja keras tim," ujar Ahmad Irfan.
Serangkaian raihan tersebut di dapat berkat kualitas sumber daya manusia yang dimiliki bank bjb. Tidak heran, bank bjb diganjar penghargaan platinum dalam ajang Indonesia Human Capital Award (IHCA) 2018 untuk kategori BUMD. Penghargaan tersebut merupakan yang pertama kalinya bagi bank bjb.

"Sumber daya manusia adalah aset paling berharga bagi perusahaan. Kinerja perusahaan sangat bergantung pada kualitas pegawai. Teknologi dan infrastruktur tidak akan ada artinya tanpa sumber daya manusia yang berkualitas," ujar Pimpinan Divisi Human Capital bank bjb, Dadan Yonanda. 

IHCA sendiri merupakan penghargaan tertinggi di bidang human capital yang diberikan kepada perusahaan terbaik di Indonesia dalam mengelola sumber daya manusia. Penyelenggaraan dan penilaiannya dilakukan oleh Majalah Economic Review yang bekerja sama dengan berbagai pihak. 

Untuk proses penjurian dinilai berdasarkan 10 aspek bidang diantaranya struktur organisasi, hubungan industri, teknologi, sistem pelatihan pegawai, proses rekrutmen, arsitektur dan strategi human capital, performa, prestasi bisnis dan lainnya

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer