Senin, 18 Desember 2017 16:13

Jelang Natal dan Tahun Baru, Inflasi di Cimahi Diklaim Masih Terjaga

Pedagang ayam di Pasar Antri Cimahi
Pedagang ayam di Pasar Antri Cimahi [limawaktu]


Limawaktu.id, - Jelang Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Pemerintah Kota cimahi menghimbau, agar para pedagang tidak menaikan harga lebih dari 10%.

Hal tersebut sesuai kebijakan teknis di lapangan yang diterapkan Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi.

"Iya (batas maksimalnya 10%). Kalau kenaikannya di atas 10 persen, kita carikan alternatif," ujar Kepala Seksi Perdagangan, Agus Nirwan melalui Staffnya, Dini Andriyani saat dihubungi via telepon, Senin (18/12/2017).

Ia mencontohkan, bila harga bahan pokok seperti beras dan daging mengalami kenaikan di atas 10%, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Bulog.

"Misalnya daging ayam kenaikannya lebih dari 10 persen, itu baru bisa dibikin operasi pasar," katanya.

Dikatakannya, pihaknya tidak bisa mengendalikan pedagang dalam mematok harga. Sebab, harga di para pedagang tergantung harga dari suplier.

Kepala Bagian Ekonomi Kota Cimahi, Tri Laksmihindiah mengatakan, laju inflasi sejumlah harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru di Kota Cimahi masih tergolong normal. Pasalnya, harga kebutuhan pangan di Cimahi selama ini masih mengekor ke wilayah tetangga, seperti Bandung.

"Harga meningkat, tapi masih bisa diatasi. Cimahi masih realitf aman. Kebutuhan juga tercukupi," ucapnya.

Ia mengklaim, tugas dan fungsi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cimahi sejauh ini cukup berjalan maksimal. Buktinya, kata Tri, harga-harga kebutuhan pokok sejauh ini masih dibawah batas maksimal.

"Saat ini kenaikan harga memang sudah terasa, tapi masih dibawah 10 persen," ujarnya.

Soal pengendalian inflasi di Kota Cimahi, pihaknya juga melibatkan dinas terkait, seperti Dinas Panghan dan Pertanian serta Disdagkoperind Kota Cimahi.

"Pengendalian inflasi di daerah itu perlu kerja sama antar SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)," tandasnya.

Baca Lainnya