Kamis, 5 Oktober 2017 19:42

Geliat IKM di Kabupaten Bandung Barat Dibina Disperindag

Ekonomi IKM Bandung Barat
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB melaksanakan pelatihan bagi para IKM, belum lama ini
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB melaksanakan pelatihan bagi para IKM, belum lama ini [limawaktu]

Limawaktu.id, - Menggeliatnya Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Bandung Barat sebagai salah satu sokoguru perekonomian, tidak lepas dari perhatian dan pembinaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Industri Non Agro, Ir. Nina Sa'adah, M.Si, kepada limawaktu.id, Kamis (5/10).

Menurut Nina, berbagai upaya pembinaan yang dilakukan diantaranya, mengikutsertakan IKM dalam berbagai even  atau kegiatan baik di tingkat KBB, provinsi dan kementrian.

Sebagai salah satu contoh, Disperindag KBB telah mengikutsertakan IKM binaanya, antara lain dari Kerajinan: Bambooart dan Ego Collection, kemudian dari fesyen ada Azzahra, Marwah Fashion, KAPAKE by Iyang, Rif’de Style serta Pakuan Djati.

“Pada even Jabar Ngagaya 2017, dalam rangkaian acara memperingati HUT Ke 72 Provinsi Jawa Barat, bertema Gedung Sate Festival - Semarak Pesta Rakyat, yang dilaksanakan oleh Pemprov Jabar IKM dari KBB menunjukan prestasinya dengan meraih juara,” ungkapnya.

Selain itu kata Nina,  Disperindag KBB dalam upaya meningkatkan sumberdaya manusia mengikutsertakan IKM dalam berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemkab sendiri diantaranya pelatihan e-commerce, go online, garment ekspor dan lain sebagainya.

Dia menyebutkan,  saat ini sedang berjalan adalah pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang diperuntukan bagi IKM yang telah memiliki usaha dan ingin meningkatkan pengetahuan dalam hal manajerialnya.

“Dalam pelatihan Wira Usaha Baru, Disperindag KBB mengikutsertakan tidak kurang dari 250 peserta IKM yang ada di KBB tentunya melalui proses seleksi,”  pungkasnya. (jk)*