Selasa, 19 Desember 2017 9:18

Disperindag KBB Koordinasi Pengembangan Potensi Produk Unggulan Daerah ke Kab. Sukabumi

Disperindag KBB mengunjungi Gallery Dekranasda Kab. Sukabumi.
Disperindag KBB mengunjungi Gallery Dekranasda Kab. Sukabumi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melalui Bidang Industri Non Agro, kembali melaksanakan kegiatan koordinasi pengembangan potensi produk unggulan daerah, kali ini ke Kabupaten Sukabumi, selama 3 hari, Kamis-Sabtu, 14-16 Desember 2017.

Menurut Ir. Nina Sa’adah Kepala Bidang Industri Non Agro, kegiatan ini dalam rangka untuk memajukan sektor industri kecil dalam aspek kualitas produk ataupun pemasaran. "Maka dengan ini diperlukan lintas sektoral dan lintas daerah dalam rangka kerjasama pengembangan pelaku usaha. Disinilah peran Pemerintah Daerah sangat diperlukan untuk pengembangan dan peningkatan potensi produk unggulan daerah," tandasnya.

Harus diakui, tambah Nina, masih banyak kekurangan terutama dalam pengembangan mutu produk, desain belum optimal, serta system packaging yang masih belum maksimal.

Bidang Industri Non Agro pada koordinasi ke Kabupaten Sukabumi berkunjung ke beberapa sentra produk unggulan Kabupaten Sukabumi, diantaranya ke sentra logam di daerah Desa Cibatu, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, diantaranya ke IKM Golok Pusaka Cibatu, yang merupakan penghasil macam-macam golok, samurai, pisau, pedang, perlengkapan TNI Polri, alat-alat perlengakapan pertanian dan pengecoran logam, yang mana produk-produk yang dihasilkan memiliki standar kualitas yang baik, yang dapat bersaing sehingga berdampak pada harga jual produk.

Disperindag KBB mengunjungi IkM Golok Pusaka di sentra golok Kab. Sukabumi.
Disperindag KBB mengunjungi IkM Golok Pusaka di sentra golok Kab. Sukabumi. [Limawaktu]

Kunjungan selanjutnya ke sentra kerajinan olahan kayu di Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat. Berbagai produk kerajinan olahan kayu dihasilkan, tetapi yang menjadi unggulan yaitu produk peralatan rumah tangga (coet, ulekan, talenan), alat peraga (edukasi), mainan anak dan lain-lain. Selain itu, berkunjung juga ke pengrajin industri kreatif fiber, kerajinan anyaman dan ke Balai Sub Unit Pengembangan Industri Logam.

Pada kesempatan ini juga, Disperindag KBB berkunjung ke gallery Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kab. Sukabumi, dimana di tempat ini ditampilkan seluruh produk unggulan Kab. Sukabumi dari berbagai komoditi.

"Dengan demikian, hasil kunjungan kami ke Dinas Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sukabumi dalam rangka koordinasi pengembangan potensi produk unggulan daerah, beberapa hal akan kami terapkan di KBB," ujar Nina. (ist)*