Jumat, 27 Oktober 2017 10:34

Disperindag KBB Gelar Sosialisasi Pedoman Penyusunan Pemberian Bantuan bagi IKM

Disperindag KBB Bidan Industri Non Agro, foto bersama usai acara sosialisasi.
Disperindag KBB Bidan Industri Non Agro, foto bersama usai acara sosialisasi. [Ist]

Limawaktu, - Dalam rangka tertib administrasi dalam penyusunan proposal bantuan mesin dan peralatan kepada IKM, Disperindag Kabupaten Bandung Barat (KBB), melakukan sosialisasi pedoman penyusunan pemberian bantuan mesin dan peralatan kepada 15 IKM, di Desa Mekar Mukti, Kec. Cihampelas, KBB, Selasa (24/10/2017. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan IKM dalam menyusun pengajuan bantuan mesin dan peralatan, sesuai dengan persyaratan serta kriteria yang diajukan sebagai calon penerima bantuan.

“Diharapkan, para IKM dapat memahami tata cara penyusunan pemberian bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah melalui SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait,” ujar Ir. Nina Sa’adah, M.Si, Kabid Industri Non Agro, Disperindag KBB.

Saat acara sosialisasi berlangsung

Setiap pengajuan permintaan bantuan mesin dan peralatan, harus disertai dengan proposal yang memuat hal sebagai berikut: latar belakang, maksud serta tujuan, manfaat, jenis bantuan atau peralatan/mesin, sarana pendukung beroperasinya bantuan peralatan dan mesin, jumlah personil yang akan mengoperasikan, kesediaan penerima bantuan menyediakan biaya operasional dari bantuan mesin/peralatan, dan rencana pemanfaatan dalam rangka peningkatan efesiensi produktifitas, serta peningkatan mutu dan perluasan pasar.

Kemudian, dilampiri dengan persyaratan administrasi meliputi: akta notaris mengenai pendirian organisasi kemasyarakatan dan dokumen penetapan atau pengesahan badan hukum dari instansi yang berwenang, surat pernyataan tanggungjawab, NPWP, surat keterangan domisili dari Desa, ijin usaha dari instansi berwenang, foto copy KTP dan rekomendasi dari kepala Desa dan Camat setempat. (ist)*