Kamis, 21 September 2017 14:16

Disperindag KBB Gelar Pelatihan Menjahit di Posyandu Mutiara Lembang

Camat lembang (kedua dari kiri) & Nina kabid industri (ketiga dari kiri)
Camat lembang (kedua dari kiri) & Nina kabid industri (ketiga dari kiri) [Indag KBB]

Bandung Barat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Tahun Anggaran 2017 melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan menjahit di lokasi Posyandu Mutiara, RW.05, Desa Lembang, Kecamatan Lembang, KBB, yang digelar Senin hingga Rabu (18-20/9/2017), yang diikuti sebanyak 30 peserta binaan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Kegiatan Posyandu, yaitu untuk meningkatkan, khusunya peran kader dalam menciptakan kesejahteraan keluarga. Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini, menurut Ir. Nina Sa’adah.M,Si, selaku Kepala Bidang Industri Non Agro, Disperindag KBB, yaitu memberikan ilmu dan pengetahuan khususnya terhadap para kader dalam menciptakan kesempatan usaha, dalam hal ini pelatihan keterampilan menjahit. Selain pelatihan yang diberikan pemerintah KBB melalui Disperindag, juga memberikan bantuan mesin dan peralatan.

“Pelatihan keterampilan menjahit yang diadakan ini dimaksudkan untuk memberikan inovasi dan pola pengembangan wirausaha bagi kader-kader Posyandu dalam menggerakan sektor perekonomian masyarakat setempat, khususnya bagi kader dan anggota Posyandu itu sendiri, sehingga tercapai kesejahteraan bagi masyarakat setempat ,” jelas Nina.

Nina menmabahkan, Posyandu untuk saat ini merupakan suatu forum komunikasi, alih teknologi dan pelayanan kesehatan masyarakat oleh dan untuk masyarakat, yang mempunyai nilai strategis dalam mengembangkan sumber daya manusia sejak dini. Tujuan posyandu salah satunya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang kemampuan untuk hidup sehat dan sejahtera diantaranya dengan meningkatkan kemampuan para kader posyandu

Dengan pelatihan menjahit ini, diharapkan dapat menunjang pemberdayaan ekonomi para kader Posyandu sehingga dapat menjahit pakainnya sendiri, keluarganya bahkan menjahit pakaian orang lain sehingga dapat menambah pendapatan keluarga. “Pemberian bantuan dan peralatan/mesin merupakan bentuk perhatian dari Pemda KBB sekaligus sebagai reward karena Posyandu Mutiara RW.05 Desa Lembang merupakan Posyandu yang berprestasi, yang mewakili KBB di tingkat Provinsi Jawa Barat,” tambahnya. (ank)