Kamis, 26 Agustus 2021 15:50

Dispangtan Pulihkan Ekonomi Warga dengan Pelatihan Budidaya Cacing Tanah

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Dampak Pandemi yang sudah berlangsung lebih dari setahun mengaibatkan kegiatan ekonomi masyarakat mengalami penurunan, termasuk dikalangan para petani dan peternak yang ada di Kota Cimahi.

Untuk memulihkan kembali kondisi ekonomi  masyarakat, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi menggelar Pelatihan Budi Daya Cacing Tanah, di RT 02/12 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, pada Kamis (26/8/2021).

Menurut Kepala Dispangtan Kota Cimahi Supendi Heriyadi, Pihaknya melaksanakan kegiatan yang realistis sehingga langsung bisa dipraktekan oleh masyarakat Kota Cimahi berupa Pelatihan budidaya cacing Tanah, agar masyarakat dapat meningkat ekonominya.  

Tak hanya memberikan materi pelatihan, Dispangtan juga menggandeng para pengusaha yang ada di Kota Cimahi untuk membeli hasil panen para peternak, setelh mereka mendapatkan pelatihan hari ini.

“Usai pelatihan,nantinya hasil panen para peternak cacing akan dibeli langsung oleh pengusaha, sehingga terjadi terjadi kesinambungan kegiatan peternakan dari hulu ke hilir,”ungkapnya.

Anggota Komisi II DPRD Kota Cimahi H. Barkah Setiawan yang hadir dalam pelatihan menyatakan, kegiatan yang digelar Dispangtan merupakan hal yang positif karena dapat dirasakan langsung manfaatnya.

“Ini terobosan yang sangat positif. Selain mudah dalam proses pemeliharaannya, budidaya cacing ini juga pasarnya sudah jelas,” katanya.

Hal yang sama disampaikan Anggota Fraksi PKB DPRD Kota Cimahi Asep Sutiesna. Menurutnya, dirinya sangat mendukung usaha peningkatan ekonomi masyarakat baik dibidang UMKM, pertanian maupun peternakan masyarakat. Kegiatan ini merupakan sebuah teronosan yang positif, karena bisa dilaksanakan secara mudah.

Sedangkan Narasumber pelatihan yang juga peternak cacing tanah Deden Sabarudin menyebutkan, selain untuk pakan, banyak indutsri farmasi yang membutuhkan cacing. Pihaknya usai melakukan pelatihan ini akan melakukan kerjasama dengan para peternak untuk memenuhi kebutuhan cacing.

“Kebutuhan di Cimahi saja mencapai 20 ton, jadi peluang ekonominya sangat bagus. Kita akan melakukan kerjasama dengan sistem plasma sehingga kebutuhan tersebut bisa tercapai,” sebutnya.

 Ketua DPC Persatuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kota Cimahi Wiwin Hamidah mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Dispangtan untuk memberikan keterampilan bagi masyarakat Kota Cimahi dalam budidaya caing tanah.

“Ini kegiatan yang kedua bekerjasama dengan Dispangtan, selain pelatihan juga kami melakukan kerjasama dengan pengusaha, sehingga ada jaminan pasar yang tersedia,” pungkasnya.

Baca Lainnya