Kamis, 12 Oktober 2017 17:13

Dirjen IKM Kemenperin Bina Kelompok Start Up di Jabar

Mesin Laser Cutting Acrylic Medium Size Double Head diberikan Dirjen IKM Kemenperin  kepada Bandung Techno Park.
Mesin Laser Cutting Acrylic Medium Size Double Head diberikan Dirjen IKM Kemenperin kepada Bandung Techno Park. [Limawaktu]

Limawaktu.id, - Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), menggelar kegiatan Pembinaan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Elektronika dan Telematika Bekerjasama Dengan Bandung Techno Park selama tiga hari, pada tanggal 12 hingga 14 Oktober 2017 di  Gedung Techno Park Telkom University, Kabupaten Bandung.

Kepala Subdirektorat IKM Elektronika dan Telematika, Direktorat IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, Kementerian Perindustrian, Janu mengatakan, pembinaan ini  melibatkan lima Kelompok Start Up di Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari rangkaian Bimbingan Teknis Rekayasa Elektronika yang bertujuan untuk membantu start up dalam perancangan sampai dengan pembuatan purwarupa, kemudian dilakukan pendampingan oleh Bandung Techno Park, serta pemberian bantuan peralatan kepada Bandung Techno Park. 

“Tenant dari Bandung Techno Park kami berikan pemantapan bimbingan teknis dari mulai rancangan produk sampai pembuatan purwarupa”, kata Janu usai kegiatan pembinaan, Kamis (12/10).

Lebih lanjut Janu mengungkapkan, purwarupa merupakan sarana untuk promosi dan jembatan untuk menuju produksi massal. Dan Kegiatan ini merupakan bagian dari program Penumbuhan dan Pengembangan wirausaha industri IKM Logam, Mesin, Elektronika dam Alat Angkut pada tahun 2017.

"Pembinaan IKM Elektronika dan Telematika ini bekerjasama dengan Pemerintah daerah Kabupaten Bandung, dalam hal ini, Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Bandung Techno Park. “Peran Dinas Perdagangan dan Perindustrian sangat penting disini sebagai pembina bagi para Start Up dalam hal perizinan dan pendampingan serta menciptakan ekosistem kreatif di daerahnya”, Jelasnya.

Janu juga menyampaikan bahwa dalam kesempatan ini, Kemenperin memberikan mesin Laser Cutting Acrylic Medium Size Double Head kepada Bandung Techno Park melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung. “Untuk meningkatkan pelayanan teknis kepada IKM/Tenant binaanya, Kemenperin akan memfasilitasi bantuan peralatan kepada Bandung Techno Park," terangnya.

Dia pun berharap, melalui kegiatan seperti ini akan tumbuh wirausaha IKM elektronika yang mampu menghasilkan produk berkualitas dan berkelanjutan sehingga menyerap tenaga kerja dan menggerakan ekonomi di daerah.

“Selain itu, kami juga sudah pernah memberikan bimbingan teknis peningkatan mutu produk, fasilitasi bantuan mesin dan peralatan, fasilitasi SNI (Standar Nasional Indonesia) serta pendampingan kepada pelaku IKM elektronika dan rekayasa elektronika di daerah lainnya," punkasnya. (lie)*

 

Baca Lainnya