Senin, 12 April 2021 16:47

Bazzar Pangan Murah, Strategi Melawan Kenaikan Harga Pangan

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana berfoto bersama pada pelaksanaan Bazzar Pangan Murah di Lapangan Cibaligo, Kel. Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Cimahi, Senin (12/04/2021).
Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana berfoto bersama pada pelaksanaan Bazzar Pangan Murah di Lapangan Cibaligo, Kel. Cipageran, Kec. Cimahi Utara, Cimahi, Senin (12/04/2021). [humas]

Limawaktu.id – Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan, terutama perekonomian. Dampak ini semakin terasa menjelang awal bulan Ramadhan di mana harga bahan pangan mengalami kenaikan.

Untuk memulihkan kembali perekonomian masyarakat Kota Cimahi, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi Senin (12/4/2021) ini membuka Bazzar Pangan Murah. Bazzar yang menawarkan beragam produk pangan ini digelar di Lapangan Cibaligo, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara.

Plt. Walikota Cimahi Ngatiyana yang hadir meninjau kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan bazzar ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Sehubungan dengan datangnya bulan suci Ramadhan, kegiatan ini diadakan dalam rangka menstabilkan harga bahan pokok.

“Kebetulan barang-barangnya dijual dengan harga lebih ringan, hanya separuh dari harga pasar. Salah satunya kalau cabe cengek harga pasarnya 90 ribu per kilo, disini dijual hanya dengan 60 ribu per kg. Juga termasuk bawang merah hanya 25 ribu per kilo,” katanya.

Bazzar Pangan Murah menjual beragam bahan-bahan pokok dan sayur-mayur, seperti cabai keriting, cengek, minyak goreng, telur, gula, kecap, bawang merah, bawang putih, dan berbagai jenis sayur-sayuran lainnya. Bahan-bahan tersebut kini sedang mengalami kenaikan harga akibat tingginya permintaan dari para konsumen yang saat ini sedang mempersiapkan awal bulan Ramadhan atau munggahan.

Ngatiyana berharap, kegiatan ini dapat membantu masyarakat, terutama dari kalangan ekonomi menengah ke bawah untuk bisa memenuhi kebutuhan pokoknya.

“Walaupun tidak seluruhnya tapi kita berbuat apa yang bisa kita perbuat untuk masyarakat. Inilah yang kita sampaikan pada hari ini,” harapnya.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Kepala Dispangtan Kota Cimahi Supendi Heriyadi mengatakan, kegiatan Bazzar Pasar Murah ini dilaksanakan untuk memotong rantai distribusi bahan pangan, sehingga petani bisa memiliki keuntungan yang signifikan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana dan wadah Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani, red) sekaligus sebagai wadah strategis untuk memasarkan komoditas hasil produksi tani,” katanya.

Supendi menerangkan, kegiatan ini juga akan diselenggarakan untuk wilayah Kecamatan Cimahi Tengah pada 4 Mei 2021 dan wilayah Kecamatan Cimahi Selatan pada 15 Juni 2021 nanti. Ia berharap kegiatan ini dapat membantu meredam gejolak harga pangan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.

Baca Lainnya