Senin, 16 Oktober 2017 18:12

Arif Kembangkan  Desain Ruangan dengan Tanaman

Ditulis Oleh Muhammad Ankawijaya
Salah satu karyanya Arif, mendesain sebuah ruang tertutup ataupun terbuka dengan tanaman
Salah satu karyanya Arif, mendesain sebuah ruang tertutup ataupun terbuka dengan tanaman [Dok. Istimewa]

Limawaktu.id - Sebuah karya unik kolaborasi antara seni dan tanaman karya seorang warga Cimahi bernama Arief berhasil menarik perhatian publik.

Warga Kelurahan Cipageran ini menjual hasil karya yang bernilai seninya melalui sebuah wadah usaha bernama Rubiya House of Art and Nursery yang mulai digelutinya sejak  2014. ‘Rubiya’ sendiri diambil dari nama tengah anaknya. Melalui wadah ini, Arief  juga sering melakukan workshop yang berhubungan dengan seni, tanaman, dan juga pembibitan.

Salah satu bentuk yang unik dari karyanya adalah mendesain sebuah ruang, baik yang tertutup ataupun terbuka dengan menggunakan tanaman yang juga sudah didesain sedemikian rupa.Karyanya inibukan hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga memiliki fungsi positif bagi penghuninya.

“Karena saya lulusan Interior Design IKJ, dan saya tertarik pada tanaman, akhirnya muncul ide untuk mendekorasi ruangan menggunakan tanaman hias,” ucapnya, Senin (16/10).

Arief pun menjelaskan,  jika konsumen bukan hanya dimanjakan secara estetika, tetapi juga disehatkan oleh tanaman yang mampu memberi oksigen dan menyerap polutan.

Salah satu seni tanaman primadona yang dijadikan sebagai bahan dalam mendesain sebuah ruang adalah Kokedama. Secara harfiah Kokedama berarti"bola lumut", yaitu sebuah bola yang terbuat dari tanah dan lumut kering dan terdapat tanaman yang tumbuh diatasnya. Kokedama mulai populer di negara Jepang.

Ada juga karya artistik bernama “Broken Pot”. Ini adalah sebuah seni mendaur ulang pot yang sudah pecah menjadi sebuah karya seni menggunakan tanaman tertentu. Broken Pot lebih mengutamakan pemanfaatan limbah pot menjadi sebuah karya yang bernilai seni. Di luar negeri model seni tanaman seperti ini sudah populer.

Sedangkan dalam workshop, Arief sering diminta untuk memberikan pelatihan soal pembuatan Kokedama dan Terarium. Terarium adalah sebuah teknik mixing tanaman didalam sebuah wadah bening yang terbuat dari kaca atau plastik.

“ Rubiya sudah menjual produknya serta melakukan workshop di 20 kota yang ada di indonesia. Dan jika anda tertarik, bisa dicari di instagram atau facebook dengan nama Rubiya House of Art and Nursery,” jelas Arif. (anka)