Kamis, 15 Februari 2018 15:10

25 Ton Beras Murah Ludes Terjual Selama Tiga Hari di Operasi Pasar (OP) Beras Murah Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Operasi Pasar (OP) Beras Murah Kota Cimahi.
Operasi Pasar (OP) Beras Murah Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sebanyak 25 ton beras murah seharga Rp 8.200/kilogram ludes terjual habis dalam Operasi Pasar (OP) beras murah di Kota Cimahi.

OP pertama dilaksanakan di Kecamatan Cimahi Utara, pada Selasa (13/2). Stok yang disediakan di wilayah utara tersebut mencapai 5 ton.

OP hari kedua dilaksanakan di Kecamatan Cimahi Tengah, Rabu (14/2). Total 8 ton beras murah terjual habis.

OP hari terakhir, Kamis (15/2) dilaksanakan di Kecamatan Cimahi. Total ada 12 ton beras murah yang dijual.

Berdasarkan pantauan pelaksanaan Operasi Pasar(OP) beras murah di Kecamatan Cimahi Selatan, Kamis (15/2/2018), sekitar pukul 07.30 WIB, warga Cimahi Selatan sudah mulai mendatangi lokasi.

Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) Kota Cimahi dan Bulog Sub Divre Bandung, selaku pihak panitia menyediakan sekitar 800 nomor antrean.

Nomor antrean tersebut langsung diserbu warga, mereka rela berdesak-desakan untuk mendapatkan beras murah seharga Rp 8.200/kilogram.

Kepala Seksi Perdagangan Disdagkoperind Kota Cimahi, Agus Irwan mengatakan, gelaran OP kali ini merupakan salah satu solusi dari pihaknya, mengingat harga beras saat ini masih tergolong tinggi.

“Ini tujuannya untuk membantu masyarakat, kan beras sampai saat ini masih tinggi,” ujarnya saat ditemui di lokasi.

Harga beras di sejumlah pasar di Kota Cimahi saat ini masih tergolong tinggi. Untuk harga beras jenis medium masih berkisar diangka Rp 11.000/kilogram. Sementara harga beras jenis premium masih dikisaran Rp 13.000/kilogram.

Menurut Agus, tingginya harga beras dikarenakan harga di tingkat petani yang masih tinggi. Pasalnya, panen raya belum dimulai, sehingga gejolak harga sulit dihindarkan.

“Panen raya kemungkinan Maret,” ucapnya.

Cucu Aida (53), warga Kp. Lembur Sawah RT 05/12 Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi selatan Kota Cimahi mengaku sangat terbantu dengan operasi beras murah ini.

“Seneng sekali, kebantu. Apalagi untuk orang gak mampu kaya saya,” tuturnya saat ditemui di lokasi.

Meskipun antrean mencapai ratusan orang, ia rela menunggu. Pasalnya, kesempatan seperti ini jarang didapat. Apalagi harga beras di pasaran saat ini masih tinggi.

“Kebagian nomor 500. Iya ditunggu aja da butuh,” ucapnya.